RSS

Bahasa Cinta Remaja

Masa remaja - suatu masa yang  merupakan masa transisi dari masa kanak - kanak ke masa dewasa- merupakan suatu masa pergolakan yang mestinya di tangani berbeda oleh orang tua maupun orang - orang di sekitarnya.
 Gary Chapman dalam bukunya 5 Bahasa Cinta Menghadapi Remaja menuliskan ada lima bahasa yang dapat digunakan oleh orang tua untuk menghadapi remaja.

  • Kata - Kata Afirmasi  
          Anak remaja membutuhkan penghargaan maupun rasa kebanggan akan dirinya. Kata - kata pujian dan penilaian yang dapat memotivasi adalah salah satu bahasa itu. Mereka ingin apa yang merekan kerjakan dapat menjadi suatu hal yang membanggakan. Ucapkanlah hal - hal itu secara spesifik. Bedakan saat anda memuji seorang ank kecil dan remja. Mungkin anda akan berkata, "Kamu hebat sekali." atau "Aku bangga padamu." pada masa - masa sebelumnya. Tapi, pada masa remja ungkapkanlah hal itu secara lebih spesifik seperti, "Mama senang sekali, lamu sudah mambersihkan kamar kamu sebelum berangkat sekolah."
  • Sentuhan Fisik 
         Beberapa remaja lebih memilih sentuhan fisik seperti pelukan, belaian atau usapan sebagai bahsa cinta mereka. hal tersebut akan membuat mereka lebih nyaman dan merasa diperhatikan. tapi ketahuilah saat  - saat kapn mereka ingin di sentuh atau malah sebaliknya.
  •  Waktu Berkualitas
           Menghabiskan waktu bersama - sama akan membuat beberepa remaja merasa diperhatikan dan dicintai. mereka akan memilih menghabiskan waktu memancing berduaan saja dengan ayahnya dari pada dibelikan hadiah sebagai waktu pengganti kebersamaan itu.
  • Tindakan Melayani 
          Menyediakan makanan kesukaan mereka atau memperbaiki rak bukunya yang rusak bisa menjadi satu bahasa remaja. Mereka mengharapkan suatu pelayanan dari orang tuanya.
  • Memberikan Hadiah 
          Berilah hadiah yang sesuai untuk remaja. Hadiah kecil yang sangat menarik perhatiannya akan membuat mereka selalu mengingat moment tersebut.

Dari 5 bahasa cinta di atas, sesuaikanlah mana yang yang menunjukan bahasa cinta remaja anda. Jangan sekali - kali menggunakan bahasa yang salah untuk menghadapi remaja karna itu kan mebuat mereka semakin auh dari anda. Jadi, yang manakah bahas cinta remaja anda??? 

0 comments:

Post a Comment