RSS

Etnografi dan Hubungannya dengan Kebudayaan


Etnografi dan budaya adalah suatu hal yang sangat berkaitan. saat seseorang harus melakukan suatu penelitian yang berhubungan dengan kebudaayan maka ia memebutuhkankan suatu metode penelitian yang disebut dengan etnografi. dan untuk mengaplikasikan suatu metode etnografi, seorang peneliti harus belajar tenteng kebiasaan ataupun budayayang ada di daerah dimana ia akan melakukan penelitiannya. hal ini menjelaskan bahwa etnografi merupakan sebuah pendekatan untuk mempelajari kehidupan sosial dan budaya sebuah masyarakat secara ilmiah. Mengutip dari Marcus & Fischer, "Etnografi merupakan tulisan seseorang mengenai orang lainnya. Hal ini berarti si penulis bukan salah satu anggota masyarakat dari daerah yang ditulisnya. Jika si penulis adalah native dari daerah tersebut, produk yang dihasilkan hanyalah sebuah warna lokal, bukan produk etnografi." Karena tulisan etnograf berdasar pada sudut pandang the native yang dibuat oleh orang lain, maka npenelitian etnografi bisa menjadi sebuah kritik budaya yang efektif bagi kebudayaan itu sendiri. Etnografi menjadi sebuah cara yang dianggap paling tepat untuk menggambarkan realitas masyarakat yang diteliti.
Dalam istilah Yunani, ethnos, berarti masyarakat, ras atau sebuah kelompok kebudayaan, dan etnografi berarti sebuah ilmu yang menjelaskan cara hidup manusia. Etnografi juga diartikan sebagai sebuah pendekatan untuk mempelajari tentang kehidupan sosial dan budaya sebuah masyarakat, lembaga dan setting lain secara ilmiah, dengan menggunakan sejumlah metode penelitian dan teknik pengumpulan data untuk menghindari bias dan memperoleh akurasi data yang meyakinkan.
Secara umum etnografi disebut sebagai ‘menuliskan tentang kelompok masyarakat’. Secara khusus hal tersebut juga berarti menuliskan tentang kebudayaan sebuah kelompok masyarakat.
Dalam Ensiklopedia Indonesia (ENI) , disebutkan etnografi adalah cabang antropologi, merupakan pelukisan dan analisis tentang kebudayaan suatu masyarakat atau suku bangsa. Etnografi biasanya terdiri atas uraian terperinci mengenai aspek cara berperilaku dan cara berpikir yang sudah membaku pada orang yang dipelajari, berupa tulisan, foto, gambar atau film yang berisi laporan atau deskripsi tersebut. Yang dipelajari oleh ahli etnografi adalah unsur kebudayaan suatu masyarakat seperti , bahasa, mata pencaharian, sistem teknologi, organisasi sosial, kesenian , sistem pengetahuan, dan religi. Bila penulisan yang dilakukan menggambarkan perbandingan antara dua atau lebih kelompok masyarakat, studi perbandingan tersebut disebut etnologi.

0 comments:

Post a Comment